INAYAH INGGIL RAMADHANI, 12209183095 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAI BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTS AL-IKHLAS KANYAR NGIMBANG LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran TAI Berbantu Multimedia Interaktif Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Al-Ikhlas Kanyar Ngimbang Lamongan” ini ditulis oleh Inayah Inggil Ramadhani, NIM. 12209183095, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M,M., M.Pd Kata Kunci: Metode Pembelajaran TAI, Multimedia Interaktif, Nilai Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih mengunakan metode konvensional dan jarang menggunakan metode pembelajaran yang modern, hal tersebut dapat mempengaruhi nilai kognitif siswa. Metode pembelajaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam rangka meningkatkan nilai kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana nilai kognitif IPS Terpadu antara yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif dengan yang menggunakan metode konvensional pada kelas VII MTs Al-Ikhlas Kanyar Ngimbang Lamongan 2) apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kognitif IPS Terpadu antara yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif dengan metode konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu bebas dan terikat. Sumber data primer yaitu siswa kelas VII absen awal dan VII absen akhir, sedangkan sumber data sekunder berasal dari informasi sekolah. Teknik probability sampling dalam penelitian ini mendapatkan responden yaitu siswa kelas VII absen awal sebagai kelas kontrol yang berjumlah 14 sampel serta siswa kelas VII absen akhir sebagai eksperimen kelas yang berjumlah 14 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test, uji t-test serta penghitungan effect size dengan rumus Cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Hasil nilai kognitif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TAI berbantu multimedia interaktif memiliki nilai rata-rata kelas eksperimen 81,86 diatas KKM dan lebih baik daripada metode konvensional. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode pembelajaran TAI (Team Assisted individualization) berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif siswa dengan nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183095 Inayah Inggil Ramadhani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:42 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37517 |
Actions (login required)
View Item |