PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAI BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTS AL-IKHLAS KANYAR NGIMBANG LAMONGAN

INAYAH INGGIL RAMADHANI, 12209183095 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAI BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTS AL-IKHLAS KANYAR NGIMBANG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran TAI Berbantu Multimedia Interaktif Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Al-Ikhlas Kanyar Ngimbang Lamongan” ini ditulis oleh Inayah Inggil Ramadhani, NIM. 12209183095, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M,M., M.Pd Kata Kunci: Metode Pembelajaran TAI, Multimedia Interaktif, Nilai Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih mengunakan metode konvensional dan jarang menggunakan metode pembelajaran yang modern, hal tersebut dapat mempengaruhi nilai kognitif siswa. Metode pembelajaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam rangka meningkatkan nilai kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana nilai kognitif IPS Terpadu antara yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif dengan yang menggunakan metode konvensional pada kelas VII MTs Al-Ikhlas Kanyar Ngimbang Lamongan 2) apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kognitif IPS Terpadu antara yang menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif dengan metode konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu bebas dan terikat. Sumber data primer yaitu siswa kelas VII absen awal dan VII absen akhir, sedangkan sumber data sekunder berasal dari informasi sekolah. Teknik probability sampling dalam penelitian ini mendapatkan responden yaitu siswa kelas VII absen awal sebagai kelas kontrol yang berjumlah 14 sampel serta siswa kelas VII absen akhir sebagai eksperimen kelas yang berjumlah 14 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test, uji t-test serta penghitungan effect size dengan rumus Cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Hasil nilai kognitif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TAI berbantu multimedia interaktif memiliki nilai rata-rata kelas eksperimen 81,86 diatas KKM dan lebih baik daripada metode konvensional. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode pembelajaran TAI (Team Assisted individualization) berbantu multimedia interaktif terhadap nilai kognitif siswa dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183095 Inayah Inggil Ramadhani
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:42
Last Modified: 12 Jul 2023 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37517

Actions (login required)

View Item View Item