ANISATUL HIDAYAH, 1755144005 (2016) Hidayah, Anisatul (2016) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kecamatan gandusari kabupaten Trenggalek. [ Thesis ]
|
Text
COVER CS.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK LENGKAP.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ANGKET PENELITIAN.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
SUMMARY TESIS.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hidayah, Anisatul. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. M. Jazeri, M.Pd dan 2) Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kurang, dikarenakan pergaulan anak sekarang berbeda dengan anak zaman dulu, dan disini guru dituntut agar dapat mengembangkan minat belajar siswa, dengan cara menjelaskan hal-hal yang menarik agar siswa dapat semakin terpacu untuk belajar, selain itu pola asuh orang tua yang tidak tepat dapat menyebabkan turunnya motivasi dan prestasi belajar, sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Salah satu bentuk yang dianggap paling efisien untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar adalah melalui pola asuh orang tua. Dengan adanya motivasi belajar maka prestasi belajar dalam diri siswa dan pola asuh orang tua yang mendukung proses pembelajaran, akan menjadikan prestasi belajarnya lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola asuh, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 2) Adakah pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 3) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?4) Adakah pengaruh secara bersama-sama pola asuh dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Jenis penelitian ini adalah penelitiankuantitatif, dengan pendekatan asosatif, populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaMadrasahIbtidaiyah di se-KecamatanGandusariKabupatenTrenggalek yang berjumlah 1412 siswaatauresponden, teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel penelitiannya adalah 93 responden atau siswa yang diambil dari Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Gandusari. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitiannya adalah 1) Berdasarkan hasil analisis data pola asuh orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek diperoleh bahwa: a) adanya kecenderungan pola asuh orang tua dengan kriteria sangat baik yaitu 67 atau 72% siswa, b) adanya kecenderungan motivasi belajar dengan kriteria sangat baik yaitu 58 atau 62% siswa, dan c) kecenderungan prestasi belajarnya pada tingkat penguasaan sangat baik yaitu 66 atau 71% siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. 2) Ada pengaruh yang positif signifikansi pola asuh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dari perolehan nilai thitung> ttabel (2.724 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua adalah 0.008 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,008 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. 3) Ada pengaruh yang positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dibuktikan dari perolehan nilai t hitung> t tabel (2.401 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel Motivasi belajar adalah 0.018 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,018 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. 4) Ada pengaruh yang positif signifikan pola asuh orang tua, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dari perolehan nilai Fhitung (9.040) > Ftabel (3.44) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh pola asuh orang tua dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755144005 ANISATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 06:16 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 06:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3752 |
Actions (login required)
View Item |