STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM TIWUL INSTAN UD BAROKAH DI TULUNGAGUNG DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

NADILATUL NUR AZIZAH, 12402193046 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM TIWUL INSTAN UD BAROKAH DI TULUNGAGUNG DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Tiwul Instan UD Barokah Di Tulungagung Dengan Pendekatan Analisis SWOT” ini ditulis oleh Nadilatul Nur Azizah, NIM. 12402193046, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Muhammad Aswad, M.A.Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan oleh UMKM Tiwul Instan untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan target pasar. Studi ini memaparkan strategi pemasaran yang cocok diterapkan pada UMKM Tiwul Instan UD Barokah Di Tulungagung dengan memanfaatkan metode pendekatan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan UMKM Tiwul Instan UD Barokah.Dalam penelitian ini, permasalahan yang dikaji antara lain yaitu: (1)Bagaimana pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan penjualan pada UMKM tiwul instan UD Barokah di Tulungagung?; (2) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan UMKM tiwul instan UD Barokah di Tulungagung?; (3) Bagaimana hasil strategi pemasaran dengan pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan penjualan UMKM tiwul instan UD Barokah di Tulungagung?Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap pihak terkait. Kemudian menggunakan teknik analisis faktor internal dan eksternal dengan menggunakan matriks SWOT dan matriks SPACE. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pendekatan analisis SWOT dapat diketahui bahwa hasil perhitungan matriks IFAS adalah 3,48 dan hasil matriks EFAS yaitu 3,58. Sehingga diagram analisis SWOT berada pada posisi diantara sumbu SO yaitu melakukan inovasi produk yang dimiliki sesuai dengan trend dan permintaan pasar, meningkatkan kualitas pelayanan, mengikuti harga pasar untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas, serta mempertahankan kualitas produk agar semakin diminati konsumen. (2) Strategi pemasaran pada UD Barokah menggunakan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) 4p untuk meningkatkan penjualan yaitu produk, harga, tempat dan promosi; (3) Hasil Strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT yang tepat untuk diterapkan oleh UD Barokah berdasarkan perhitungan menggunakan matriks SPACE sesuai dengan perhitungan dengan menggunakan matriks SWOT yaitu perusahaan berada pada kuadran I dengan menggunakan strategi agresif yang cocok adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193046 Nadilatul Nur Azizah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:29
Last Modified: 12 Jul 2023 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37520

Actions (login required)

View Item View Item