KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTsN 8 TULUNGAGUNG

NUR LAILATUL IMDADIYAH, 12204193058 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE MATERI GARIS DAN SUDUT DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa atau self confidence. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif siswa juga dipengaruhi oleh self confidence yang dimiliki siswa. Tingkat berpikir kreatif juga berbeda. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa, maka diberikan tes berpikir kreatif. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, mengacu pada teori Silver yang terdapat tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari tingkat self confidence sangat baik pada kelas VII MTsN 8 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari tingkat self confidence baik pada kelas VII MTsN 8 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari tingkat self confidence kurang baik pada kelas VII MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan meliputi pemberian angket, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan sebanyak 6 siswa yang dipilih dari hasil angket self confidence, lalu diberikan tes tulis berpikir kreatif serta wawancara untuk memperkuat hasil dari tes tulis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data berupa triangulasi, ketekunan pengamatan dan pemeriksaan temat sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII di MTsN 8 Tulungagung berbeda antara siswa yang memiliki tingkat self confidence sangat baik, baik, dan kurang baik. 1) Siswa dengan tingkat self confidence sangat baik memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan sehingga masuk dalam tingkat 4 (sangat kreatif). 2) Siswa dengan tingkat self confidence baik mampu memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu fleksibilitas dan kebaruan sehingga masuk dalam tingkat 4 (sangat kreatif). 3) Siswa dengan tingkat self confidence kurang baik mampu memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu fleksibilitas sehingga masuk pada tingkat 2 (kurang kreatif).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193058 NUR LAILATUL IMDADIYAH
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:38
Last Modified: 18 Jul 2023 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37557

Actions (login required)

View Item View Item