PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTS NEGERI 2 TRENGGALEK

ALFINA NUR AMALIA, 12204193044 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTS NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Amalia, Alfina Nur, (NIM. 12204193044), 2023. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Flip PDF Professional pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN SATU Tulungagung yang dibimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, Pendekatan Kontekstual Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar siswa sehingga kurangnya minat belajar siswa sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar E-Modul berbantuan Flip PDF Professional ini, diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa, dan memudahkan guru dalam mencari referensi untuk sumber belajar siswa pada mata pelajaran matematika bab Lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar e-modul dengan pendekatan kontekstual berbantuan Flip PDF Professional pada materi lingkaran, (2) Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar e-modul berbantuan Flip PDF Professional pada materi lingkaran, (3) Mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar e-modul dengan pendekatan kontekstual berbantuan Flip PDF Professional pada materi lingkaran dan (4) Mendeskripsikan efektivitas bahan ajar e-modul dengan pendekatan kontekstual berbantuan Flip PDF Professional pada materi Lingkaran kelas VIII MTs Negeri 2 Trenggalek. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemantation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Trenggalek, ahli teknologi dan ahli materi berasal dari dosen S1 Tadris Matematika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Objek penelitian ini adalah e-modul matematika dengan pendekatan kontekstual berbantuan Flip PDF Professional pada materi Lingkaran. Data awal diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan saran dari ahli, serta hasil pretest dan posttest. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi bahan ajar. Hasil dari penelitian dan pengembangan didapatkan (1) terdapat 5 tahapan dalam pengembangan ADDIE dalam pengembangan bahan ajar e-modul dengan pendekatan kontekstual berbantuan Flip PDF Professional pada materi lingkaran yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), Implemantation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). (2) Hasil uji validasi oleh ahli teknologi, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memperoleh rata- rata presentase 97% dengan kriteria sangan valid, hasil uji validasi oleh ahli materi, menunjukkan rata-rata presentase 98% dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil uji kepraktisan dari respon guru memiliki tingkat kepraktisan 92% dengan kriteria sangat praktis. (4) Hasil uji efektivitas dari respon siswa memiliki tingkat efektivitas 91% dengan kriteria sangat efektif dan hasil soal tes menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 88,00 dari nilai pretest dengan rata-rata 80,79. Kemudian untuk nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000(p < 0,05) sehingga hasil pretest dan posttest mengalami perubahan yang signifikan (berarti). Setelah dilakukan perbandingan dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar e-modul berbantuan Flip PDF Professional pada materi lingkaran ini valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi Lingkaran kelas VIII

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > E-Learning
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:56
Last Modified: 18 Jul 2023 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37574

Actions (login required)

View Item View Item