PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN 3 TULUNGAGUNG

RISKA NADHIFATUL ALIYAH, 12204193208 (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan bernalar dan hasil belajar yang sangat berkaitan dengan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan kemampuan bernalar dan hasil belajar matematika diperlukan aspek afektif. Salah satu aspek afektif yang menunjang kemampuan bernalar dan hasil belajar adalah disposisi matematis. Dalam proses belajar, siswa membutuhkan rasa percaya diri dan kegigihan dalam menghadapi suatu permasalahan. Hal yang demikian ini harus senantiasa ditingkatkan melalui penciptaan suasana belajar yang menarik dan menantang untuk dieksplorasi. Dengan kata lain, diperlukan sikap positif supaya siswa dapat belajar matematika dengan baik. Sikap positif dalam matematika ini disebut sebagai disposisi matematis. Dengan adanya disposisi matematis, maka akan membentuk suatu sikap dan pola pikir siswa yang positif sehingga akan membuat siswa memiliki keinginan dan kesadaran untuk belajar matematika. Jika disposisi matematis siswa sudah berkembang, maka kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa juga akan berkembang .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan bernalar siswa, 2) adanya pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa, 3) besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MAN 3 Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes Metode angket digunakan untuk memperoleh data disposisi matematis. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan bernalar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 3 Tulungagung dengan mengambil sampel siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial menggunakan uji manova dengan bantuan SPSS 26,0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) adanya pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan bernalar siswa, 2) adanya pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa, 3) besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan bernalar dan hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan effect size dan tabel interpretasi nilai Cohen’s diperoleh nilai d pada kemampuan bernalar sebesar 0,63 atau 73% dan pada hasil belajar sebesar 0,66 atau 73% dan tergolong kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Riska 12204193208 Riska Nadhifatul Aliyah
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:15
Last Modified: 22 Jul 2023 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37602

Actions (login required)

View Item View Item