IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODUL AJAR GURU KELAS 4 (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung)

ANA MARSELA SUWARTO, 12850521003 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODUL AJAR GURU KELAS 4 (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan modul ajar guru kelas 4 (studi multi situs di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Ana Marsela Suwarto dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag dan Dr. Zaini Fasya, S. Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Guru Kelas 4 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah konsep kurikulum baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2020. Salah satu strategi implementasi kurikulum merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah adalah dengan menggunakan modul ajar yang dirancang oleh guru kelas 4 dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi lingkungan sekitar. Penggunaan modul ajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1)Bagaimanakah tujuan pembelajaran pada modul ajar guru kelas 4 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah? (2)Bagaimanakah pembelajaran pada modul ajar guru kelas 4 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah? (3)Bagaimanakah asesmen pembelajaran pada modul ajar guru kelas 4 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah?. Penelitian ini menggunakan kualitatif jenis penelitian deskripsi studi multi situs. Sumber datanya ialah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimuai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1)Tujuan pembelajaran pada modul ajar guru kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah mencakup peningkatan kemampuan literasi, keterampilan sosial, pemahaman nilai-nilai kebangsaan kebangsaan, pengembangan kreativitas, dan pembentukan karakter siswa yang aktif dan peduli lingkungan serta masyarakat. (2)Kegiatan pembelajaran pada modul ajar kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan siswa, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan menyenangkan agar siswa dapat belajar dengan baik. (3) Asesmen pembelajaran pada modul ajar guru kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDI Bayanul Azhar dan SDI Al Khoiriyah memilih metode asesmen diagnostik, formatif dan sumatif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta modul ajar yang digunakan, serta untuk memberikan umpan balik yang konstruktif pada siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521003 Ana Marsela Suwarto
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:23
Last Modified: 20 Jul 2023 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37605

Actions (login required)

View Item View Item