PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

ROSITA DWI PRATIWI, 12205193201 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

Pratiwi, Rosita Dwi. 2023. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Ramhatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Muhibbin Syah yang dikutip oleh Sakinah Assegaf dalam bukunya. Muhibbin Syah menjelaskan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal ialah faktor yang berasal dari luar diri anak, salah satunya aspek lingkungan yang berasal dari orang tua. Dalam keseharian, orang tua pasti memiliki pola asuh yang diterapkan kepada anaknya. Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda merupakan sekolah dengan jumlah peserta didik yang tergolong banyak. Sehingga, beragam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, dan beragam pula prestasi belajar yang diperoleh peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni (1) Adakah pengaruh positif atau negatif pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh positif atau negatif pola asuh orang tua permisif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh positif atau negatif pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (4) Seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis secara bersama- sama terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data terkait pola asuh orang tua, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait prestasi belajar peserta didik, yakni nilai raport. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 51 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini, dengan menggunakan bantuan SPSS 25.0 for windows didapatkan bahwa: (1) ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan perolehan nilai thitung sebesar 2,049 > ttabel sebesar 2,011 dan taraf signifikasi (α) sebesar 0,046 < 0,05. (2) ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara pola asuh orang tua permisif terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan perolehan nilai thitung sebesar 4,281 > ttabel sebesar 2,011 dan taraf signifikasi (α) sebesar 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan perolehan nilai thitung sebesar 2,551 > ttabel sebesar 2,011 dan taraf signifikasi (α) sebesar 0,014 < 0,05. (4) ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter, pola asuh orang tua permisif, dan pola asuh orang tua demokratis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidiayah Darul Huda Pojok Ngatru Tulungagung dengan perolehan nilai Fhitung (8,078) > Ftabel (2,798) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Dan besar presentase pengaruh pola asuh orang tua otoriter, pola asuh orang tua permisif, dan pola asuh orang tua demokratis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidiyah Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung sebesar 29,8% dan 70,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel independen atau variabel bebas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193201 ROSITA DWI PRATIWI
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:20
Last Modified: 20 Jul 2023 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37641

Actions (login required)

View Item View Item