PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR

IRFAN DZULFAQQOR NUR HANIF, 12201193226 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Irfan Dzulfaqqor Nur Hanif, NIM. 12201193226. Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran guru, Pembentukan Akhlakul Karimah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana banyaknya peserta didik yang kurang menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Hal tersebut dapat disebabkan karena pengaruh lingkungan atau kurangnya pendidikan akhlak sedari kecil untuk membiasakan mereka berakhlakul karimah yang baik. Oleh karena itu peran guru aqidah akhlak sangatlah penting dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik agar peserta didik dapat meningkatkan keimanannya dengan meningkatkan akhlak melalui perilaku terpuji. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar? (2) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai teladan dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar? (3) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai teladan dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam menganalisis data penelitian menggunakan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini menggunakan Uji Kreadibilitas, Uji Transferabilitas, Uji Depenabilitas, Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Sebagai seorang pendidik guru Aqidah Akhlak tidak hanya terfokus dalam mendidik peserta didiknya dalam segi akademik tetapi juga bertanggung jawab dalam perkembangan akhlak peserta didik. Peran guru akidah akhlak dalam pendidikan memang sangatlah di prioritaskan dalam upaya menciptakan sekaligus membentuk peserta didik agar memiliki karakter atau akhlak yang baik terutama dalam karakter religius. (2) Guru sebagai teladan secara otomatis pribadi dan apa yang dilakukan seorag guru akan mendapatkan sorotan peserta didik dan orang disekitar lingkungannya. Apabila pendidik mata pelajaran aqidah akhlak ingin peserta didiknya mau menerima dan melaksanakan apa yang dijelaskan dan dinasihatinya, maka pendidik harus mampu menunjukan terlebih dahulu kepada peserta didiknya bahwa dia pun memiliki akhlak yang baik sebagaimana yang ia berikan kepada peserta didiknya. (3) Seorang guru harus melakukan kewajibanya untuk membimbing peserta didik. Pembimbingan dalam pembelajaran yang dilakukan guru aqidah akhlak, dilakukan dengan cara membimbing peserta didik untuk memiliki kebiasaan yang religius dengan membiasakan berdo’a pada saat pembelajaran dimulai dan di akhir pembelajaran, hal ini merupakan sebuah upaya guru akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193226 IRFAN DZULFAQQOR NUR HANIF
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:13
Last Modified: 20 Jul 2023 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37679

Actions (login required)

View Item View Item