PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

KUNTUM CHOIRUL UMAH, 12211193036 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunti di MA Ma’arif Udanawu Bliatr” ini ditulis oleh Kuntum Choirul Umah, NIM. 12211193036, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangai oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran yang dirasa kurang menarik bagi peserta didik karena guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional dan hanya memberi tugas. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar hasil belajarnya meningkat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang merupakan model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent controlgroup design dengan penerapan pre-test dan post-test. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MA Ma’arif Udanawu Blitar yang berjumlah 200 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji validitas instrument (uji validitas dan reliabilitas), (2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (3) uji hipotesis (uji t-test dan uji manova). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001<0,05. 3)Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211193036 Kuntum Choirul Umah
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:21
Last Modified: 24 Jul 2023 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37696

Actions (login required)

View Item View Item