RIDA IZZA MAULINA, 12205193186 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERISUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA KELAS IV MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (844kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Kelas IV MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Rida Izza Maulina, NIM. 12205193186, Pembimbing Dr. Musrikah S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 dan sebagai tantangan dalam perkembangan teknologi. Pada saat pandemi melanda semua tatanan yang sudah tersedia harus berubah menyesuaikan kondisi yang ada, begitupun pendidikan. Pendidikan di Indonesia khususnya merupakan salah satu yang sangat terdampak akibat adanya pandemi. Hal ini dikarenakan sebagian besar kurang memahami perkembangan teknologi khususnya di daerah pedesaan sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Siswa juga merasa monoton terhadap model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menurunkan minat belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa. Blended Learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan antara model pembelajaran konvensional dengan pembelajarn online atau menggunakan teknologi sehingga siswa dapat memperoleh materi yang beragam serta dapat dijangkau dimanapun. Rumusan masalah dalam penelitian ini, sebagai berikut: (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa materi sumber energi dan kegunaannya kelas IV MIN 1 Tulungagung? (2) seberapa besar pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa materi sumber energi dan kegunaannya kelas IV MIN 1 Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV-B dan kelas IV-C. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan menggunakan uji t dan juga uji cohen’s effect size dengan bantuan aplikasi SPSS.16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning lebih baik dari penggunaan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas xviontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 85,24 dan kelas xviontrol sebesar 75,71. Dari uji statistik yaitu uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,05 ≤ 0,05 dan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193186 Rida Izza Maulina |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:31 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37702 |
Actions (login required)
View Item |