WAN NUR AZIZAH, 12210193086 (2023) ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BIPA SAHABATKU INDONESIA LEVEL A2 BERDASARKAN TEORI GREENE DAN PETTY. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Wan Nur Azizah. NIM 12210193086 mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan judul Analisis Kualitas Buku Teks BIPA Sahabatku Indonesia Level A2 Berdasarkan Teori Greene dan Petty. Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Buku teks, BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), Greene dan Petty. Analisis buku ini menjadi salah satu proses atau sarana perencanaan guna memperoleh keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) menjadi wadah sekaligus wahana yang signifikan dan potensial dalam memperkenalkan masyarakat Indonesia beserta kekayaan budayanya. Oleh karena itu, untuk mengangkat citra keindonesiaan yang positif dan memenuhi kebutuhan pasar bagi warga negara asing, pembelajaran BIPA perlu dilaksanakan secara terprogram dan ditangani secara sungguh-sungguh oleh lembaga penyelenggara dan pelaksana program BIPA. Salah satu yang menjadi kendala adalah kurang tersedianya bahan ajar berupa buku teks BIPA yang mengikuti perkembangan pembelajaran. Penelitian ini menganalisis buku teks BIPA Sahabatku Indonesia Level A2 yang diterbitkan oleh Badan Bahasa tahun 2016 dan sekaligus sebagai objek penelitian.Penelitian ini memfokuskan pada analisis kualitas buku teks BIPA Sahabatku Indonesia Level A2 berdasarkan teori Greene dan Petty. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi dokumen untuk menganalisis kualitas buku teks BIPA Sahabatku Indonesia Level A2 berdasarkan kriteria buku teks yang berkualitas teori Greene dan Petty. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga teknik kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terpenuhinya aspek menariknya minat siswa terhadap buku teks BIPA Sahabatku Indonesia Level A2 dengan indikator pewarnaan, sampul buku, kualitas kertas yang digunakan. 2) Terpenuhinya aspek memberi motivasi kepada siswa dengan indikator kekinian dan komunikatif. 3) Terpenuhinya aspek memuat ilustrasi yang menarik para siswa dengan indikator terdapat berbagai contoh, memiliki gambar yang menarik, dan memuat penjelasan atas gambar dan contoh yang diberikan. 4) Terpenuhinya aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan pelajar BIPA dengan indikator penggunaan kosakata jelas dan diksi tepat, kalimat mudah dipahami, setiap paragraf memiliki kohesi dan koherensi, wacana sesuai dengan tema yang diusung. 5) Terpenuhinya aspek tema yang berhubungan erat dengan pelajaran lainnya dengan indikator tematik, holistik dan terpadu. 6) Terpenuhinya aspek menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi siswa dengan indikator deskripsi penugasan jelas, soal latihan yang ditampilkan mudah dipahami, menampilkan informasi yang berkualitas. 7) Terpenuhinya aspek menghindari konsep yang samar dan tidak biasa, agar tidak ambigu bagi siswa. 8) Terpenuhinya aspek mempunyai sudut pandangan yang jelas dan tegas dengan indikator bahwa teknik berceritanya jelas, dan memberi warna pada sudut pandang pembacanya. 9) Terpenuhinya aspek memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa dengan indikator nilai yang ditawarkan jelas, mengedepankan nilai-nilai karakter, nilai yang diajarkan sesuai dengan yang berlaku di masyarakat. 10) Terpenuhinya aspek menghargai perbedaan-perbedaan pribadi siswa dengan indikator bersifat universal dan tidak membeda bedakan masalah sosial, agama dan budaya siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193086 WAN NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 07:25 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37711 |
Actions (login required)
View Item |