PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 4 JOMBANG

UHTI PRIHASTUTI, 12212193075 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

BSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Uhti Prihastuti, NIM. 12212193075, pembimbing Ali Amirul Mu‘minin, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Green Chemistry, Literasi Sains, Hasil Belajar. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa yaitu penerapan model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model konvensional, menyebabkan siswa pasif dan tidak berkontribusi untuk memperoleh dan mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mendukung kemampuan ini yaitu inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry. Model ini merupakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah lingkungan dengan serangkaian prinsip untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia berbahaya, sehingga sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains siswa pada materi koloid. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas XI MIA MAN 4 Jombang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini Purposive Sampling, karena sesuai dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran dan uji homogenitas sampel. Teknik pengumpulan data baik literasi sains maupun hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan essay. Sebelum digunakan instrumen pengukuran, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independen dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,038 ≤ 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. 3) terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Molekul Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212193075 UHTI PRIHASTUTI
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:52
Last Modified: 22 Jul 2023 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37717

Actions (login required)

View Item View Item