UHTI PRIHASTUTI, 12212193075 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
Abstract
BSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Uhti Prihastuti, NIM. 12212193075, pembimbing Ali Amirul Mu‘minin, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Green Chemistry, Literasi Sains, Hasil Belajar. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa yaitu penerapan model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model konvensional, menyebabkan siswa pasif dan tidak berkontribusi untuk memperoleh dan mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mendukung kemampuan ini yaitu inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry. Model ini merupakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah lingkungan dengan serangkaian prinsip untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia berbahaya, sehingga sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains siswa pada materi koloid. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas XI MIA MAN 4 Jombang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini Purposive Sampling, karena sesuai dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran dan uji homogenitas sampel. Teknik pengumpulan data baik literasi sains maupun hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan essay. Sebelum digunakan instrumen pengukuran, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independen dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,038 ≤ 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. 3) terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN 4 Jombang dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Kimia > Molekul Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | S1 12212193075 UHTI PRIHASTUTI |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 07:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37717 |
Actions (login required)
View Item |