PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN

KHOIRUL NISA, 12204193211 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kauman “ ini ditulis oleh Khoirul Nisa, NIM 12204193211, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd Kata Kunci : Media Audio Visual Powtoon, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika, hal ini dikarenakan peserta didik menganggap matematka adalah pelajaran yang abstrak dan kurang menyenangkan untuk dipelajari, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Selain karena pelajarannya kurang menarik, pada saat pembelajaran disini peran peserta didik kurang dominan, karena mereka hanya melihat dan mendengar penjelasan dari guru, sehingga membuat peserta didik mudah bosan dan kurang bersemangat saat belajar. Hal ini sesuai dengan pendapat Meisner yang menyadari bahwa peserta didik tidak semuanya mampu memahami materi dengan cara pengajaran konvensional. Masing-masing peserta didik memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Maka dari itu adanya bantuan media audio visual powtoon ini sangat diperlukan karena mengingat tidak semua peserta didik memiliki daya ingat dan daya serap materi pelajaran yang sama. Dengan bantuan media audio-visual powtoon ini maka keragaman cara belajar dapat teratasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap minat belajar matematika siswa SMP. 2) adanya pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. 3) besarnya pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar matematika siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data jumlah peserta didik, nama-nama peserta didik dan data lain untuk menunjang penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman Tulungagung sebanyak 427 siswa dengan 2 sampel yaitu kelas VIII H sebagai kelas kontrol sebanyak 39 dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen sebanyak 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji t berbatuan SPSS 23,0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui : 1) ada pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap minat belajar matematika siswa SMP. 2) ada pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. 3) besar pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMP berdasarkan perhitungan effect size dan tabel interpretasi nilai Cohen’s diperoleh nilai d pada minat belajar matematika sebesar 0,241 atau 58% dan pada hasil belajar sebesar 0,526 atau 69%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 31 Jul 2023 13:46
Last Modified: 31 Jul 2023 13:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37731

Actions (login required)

View Item View Item