SALSABILA RIDWANI WIDIANTO, 12205193228 (2023) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MIN 2 Blitar” ditulis oleh Salsabila Ridwani Widianto, NIM. 12205193228. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Septinanningrum, M.Pd. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Media Video Pembelajaran, Motivasi Belajar. Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas. Mengenai rendahnya kualitas pendidikan saat ini merupakan indikasi perlunya keberadaan guru profesional. Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari media pembelajaran sebagai alat penunjang penyampaian informasi. Peserta didik yang masih dalam tahap operasional konkret memerlukan pembelajaran yang dapat membuat mereka mengingat dengan jelas pembelajaran yang sudah diajarkan, melalui media ini guru dapat memberikan sebuah inovasi baru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MIN 2 Blitar, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar, (3) mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji t dan uji F dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows . Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil uji t untuk variabel profesionalisme guru terhadap motivas belajar peserta didik menunjukkan taraf signifikansi 0,017 < 0,05 yang artinya profesionalisme guru berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik MIN 2 Blitar sebesar 21,6%. (2) Hasil uji t untuk variabel penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik menunjukkan taraf signifikansi 0,024 < 0,05 yang artinya penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik MIN 2 Blitar sebesar 19,5 %. (3) Hasil uji F untuk variabel profesionaisme guru dan penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik taraf signifikansi 0,002 < 0,05 yang artinya profesionalisme guru dan penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 41,2 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 08:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37736 |
Actions (login required)
View Item |