PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

SOFI ANNISA HIMAWATI, 12212193046 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Sofi Anisa Himawati, NIM. 12212193046, Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, LKPD, Redoks Kurikulum 2013 menitikberatkan pada siswa dalam proses pembelajarannya sehingga pendidik harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan dan kemandirian siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan ialah Problem Based Learning karena siswa dapat belajar secara mandiri untuk mengembangkan keterampilan berpikirnya dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, sistem pembelajaran yang diterapkan hanya berpusat pada guru (teacher centered). Hal tersebut dikarenakan kurang tersedianya bahan ajar di sekolah yang dapat mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri sehingga siswa hanya menerima informasi dari gurunya. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi reaksi redoks kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar. 2) mengetahui tingkat kelayakan dari bahan ajar berupa LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan. 3) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four D) yang disarankan oleh Thiagarajan dan Semmel yaitu define, design, develop and disseminate. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas X MIPA 3 MA Ma’arif Udanawu Blitar sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara dan angket, dengan instrumen pengumpulan data pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata persentase keseluruhan sebesar 87% dengan kategori layak atau valid dari ahli materi, 2) LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata persentase keseluruhan sebesar 87% dengan kategori layak atau valid dari ahli media, 3) Adapun tanggapan atau respon peserta didik secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dinilai layak oleh validator dan sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193046 SOFI ANNISA HIMAWATI
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:39
Last Modified: 22 Jul 2023 09:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37744

Actions (login required)

View Item View Item