PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERTEMA MAKANAN TRADISIONAL UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

ARIF RISMANTO, 12210193124 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERTEMA MAKANAN TRADISIONAL UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Bertema Makanan Tradisional untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII” ini ditulis oleh Arif Rismanto, NIM. 12210193124, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci: Bahan Ajar, Teks Prosedur, Makanan Tradisional Bahan ajar Bahasa Indonesia yang memuat materi teks prosedur bertema makanan tradisional dewasa ini sangat dibutuhkan oleh sebagian siswa, terutama siswa SMP/MTs kelas VII. Bahan ajar yang berkembang saat ini kurang memperhitungkan aspek kegrafikannya seperti pemilihan warna, jenis huruf, dan penggunaan gambar atau ilustrasi. Tidak hanya itu, penggunaan bahasa yang baku dan pemilihan materi yang tidak diikuti tema secara konsisten juga menjadi pemicu kurang menariknya bahan ajar bagi sebagian siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar yang memiliki desain menarik dengan kegrafikan yang kekinian, bahasa yang komunikatif, materi yang sederhana, dan konsisten dalam penyajian tema. Hal tersebut dapat diwujudukan melalui penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar teks prosedur bertema makanan tradisional dengan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan yang layak diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan lain dilakukannya penelitian pengembangan ini untuk memaparkan tahapan dalam mendesain dan mengembangkan bahan ajar teks prosedur bertema makanan tradisional sesuai model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi tiga tahapan utama. Tahapan pengembangan tersebut meliputi (1) studi pendahuluan; (2) desain dan pengembangan; dan (3) pengujian bahan ajar. Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengembangan bahan ajar ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara kepada guru dan saran serta komentar dari ahli pengembangan, ahli media, dan praktisi. Selain itu, data kualitatif juga diperoleh dari analisis kebutuhan siswa berupa komentar dan saran. Adapun data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil analisis kebutuhan siswa, validasi instrumen oleh ahli, dan hasil dari uji respons siswa. Data kuantitatif tersebut berupa skor terhadap penilaian kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Hasil pengujian bahan ajar oleh ahli pada tahap pertama diperoleh persentase rata-rata mencapai 97% secara keseluruhan aspek. Hal ini berarti bahan ajar sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Namun demikian, para ahli memberikan saran dan komentar untuk direvisi. Setelah direvisi, pengujian berlanjut pada tahap uji respons siswa yang persentase rata-ratanya mencapai 92%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar sangat layak dan dapat diterima oleh siswa. Adapun hasil pengujian ahli tahap kedua sebagai penyempurnaan produk yang memperoleh persentase rata-rata mencapai 99% secara keseluruhan aspek. Aspek tersebut meliputi aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Dengan demikian, bahan ajar teks prosedur bertema makanan tradisional yang telah dikembangkan memiliki kualifikasi sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193124 Arif Rismanto
Date Deposited: 23 Jul 2023 05:25
Last Modified: 23 Jul 2023 05:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37756

Actions (login required)

View Item View Item