HILMA ZUHROTUN NISA’, 12210173116 (2023) PENANDA KOHESI DAN KOHERENSI SERTA NILAI PEDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS NARASI PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS IX KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (945kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (845kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanda Kohesi dan Koherensi serta Nilai Pedidikan Karakter dalam Teks Narasi pada Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018” ini ditulis oleh Hilma Zuhrotun Nisa’, NIM. 12210173116, Dosen Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M. Pd. Kata kunci: kohesi, koherensi, nilai pendidikan karakter. Penelitian ini membahas mengenai jenis nilai pendidikan karakter dan jenis kohesi, koherensi yang ada dalam teks narasi buku Bahasa Indonesia kelas IX Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Teks narasi dinyatakan sebagai salah satu kemampuan bersastra, yang mempunyai fungsi utama yaitu memperhalus budi pekerti, meningkatkan rasa kemanusiaan, kepedulian sosial, menumbuhkan apresiasi budaya, serta menyalurkan gagasan imajinatif ekspresi baik secara lisan maupun tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Jenis kohesi apa sajakah yang digunakan dalam teks narasi pada buku Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013 edisi revisi 2018, 2) Jenis koherensi apa sajakah yang digunakan dalam teks narasi pada buku Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013 edisi revisi 2018, 3) Bagaimanakah nilai pendidikan karakter dalam teks narasi buku Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013 tingkat SMP edisi revisi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian berupa teks narasi yang ada dalam buku Bahasa Indonesia kelas IX Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Data ini berupa penanda kohesi, penanda koherensi, dan nilai-nilai pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesi dan koherensi ditemukan sebanyak 232 data. Terdiri dari penanda kohesi gramatikal, kohesi penanda leksikal, koherensi berpenanda, dan koherensi tidak berpenanda data meliputi: 1) penanda kohesi gramatikal ditemukan dalam teks narasi buku Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013 edisi revisi 2018 sebanyak 33 data yang terdiri dari referensi anaforis 28 data, referensi katatoris sebanyak 5 data, subtitusi sebanyak 45 data, konjungsi sebanyak 48 data. Sedangkan penanda kohesi leksikal antara lain kohesi repetisi sebanyak 42 data, antonimi sebanyak 4 data, dan hiponimi sebanyak 5 data. 2) Koherensi ditemukan sebanyak 41 data, meliputi: yang terdiri dari koherensi berpenanda kausalitas sebanyak 2 data, koehrensi kontras sebanyak 7 data, koherensi temporal sebanyak 8 data, dan koherensi kronologis sebanyak 4 dat. Sedangkan koherensi tidak berpenanda adalah koherensi dialog sebanyak 3 data. 3) sedangkan nilai pendidikan yang ditemukan meliputi: kerja keras, disiplin, religius, cinta damai, peduli sosial, menghargai prestasi, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, mandiri, jujur, kreatif, dan gemar membaca.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173116 HILMA ZUHROTUN NISA’ |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:40 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37763 |
Actions (login required)
View Item |