NURIZKA JUNI ARTHA, 17205163057 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDN BAGO 1 DAN SDN 2 BAGO TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (211kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “PengaruhPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago” ini ditulis oleh Nurizka Juni Artha, NIM 17205163057, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, merasa cepat bosan, cenderung menerima pelajaran daripada menemukan sendiri, dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran, sehingga pencapaian hasil belajar kurang maksimal. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana pembelajaran ini melibatkan seluruh aktivitas peserta didik dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya pre-eksperimental design. Menggunakan teknik sampling propability sampling dengan jenis teknik random sampling. Populasinya merupakan peserta didik kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago dengan jumlah 40 peserta didik yang terdiri dari SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN 2 Bago sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas IV SDN 1 Bago sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan uji t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163057 NURIZKA JUNI ARTHA |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 12:00 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 12:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37818 |
Actions (login required)
View Item |