PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDN BAGO 1 DAN SDN 2 BAGO TULUNGANGUNG

NURIZKA JUNI ARTHA, 17205163057 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDN BAGO 1 DAN SDN 2 BAGO TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PengaruhPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago” ini ditulis oleh Nurizka Juni Artha, NIM 17205163057, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, merasa cepat bosan, cenderung menerima pelajaran daripada menemukan sendiri, dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran, sehingga pencapaian hasil belajar kurang maksimal. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana pembelajaran ini melibatkan seluruh aktivitas peserta didik dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya pre-eksperimental design. Menggunakan teknik sampling propability sampling dengan jenis teknik random sampling. Populasinya merupakan peserta didik kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago dengan jumlah 40 peserta didik yang terdiri dari SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN 2 Bago sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas IV SDN 1 Bago sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan uji t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik Kelas IV di SDN 1 Bago dan SDN 2 Bago. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163057 NURIZKA JUNI ARTHA
Date Deposited: 23 Jul 2023 12:00
Last Modified: 23 Jul 2023 12:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37818

Actions (login required)

View Item View Item