PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BASIC PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

FA RIZAL AZIZ GATUT KUSTANTIYO, 128512203016 (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BASIC PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Fa Rizal Aziz Gatut Kustantiyo dengan Promotor Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. dan Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Visual Basic, Kemampuan, Pengembangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu temuan yang mendasar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sering ditemukan siswa mengalami kesulitan didalam mengerjakan soal dengan jawaban yang sistematis dan terstruktur. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang digunakan siswa belum memberikan pemahaman kepada siswa bahwa terdapat lebih dari satu solusi untuk menyelesaikan soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran berbasis visual basic untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN 1 Boyolangu ?; (2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis visual basic untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa?; (3) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran berbasis visual basic untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa?; (4) Bagaimana keefektivan media pembelajaran berbasis visual basic untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development. Data yang digunakan adalah data validasi, angket respon, observasi, tes akhir, skor TTCT dan wawancara. Penelitian bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis visual basic yang membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa (1) telah dihasilkan produk berupa aplikasi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. (2) Proses validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi dapat dikatakan valid, dengan persentase skor 78% dari ahli materi dan 80% dari ahli media. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini valid untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil observasi dari 2 observer dimana didapatkan skor kepraktisan sebesar 3,25 atau sebesar 81,25%, ini menunjukkan aplikasi ini dapat digunakan guru secara praktis, Berdasarkan respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 80% untuk uji pemakaian; (4) Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 85%, telah memenuhi syarat ketuntasan minimal, sehingga aplikasi ini efektif untuk digunakan

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: M.Pd 128512203016 FA RIZAL AZIZ GATUT KUSTANTIYO
Date Deposited: 20 Oct 2023 00:58
Last Modified: 20 Oct 2023 00:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37833

Actions (login required)

View Item View Item