PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN STAD MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

LUDFI NUR AZIZAH, 1724143142 (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN STAD MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together dan STAD Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, ditulis oleh Ludfi Nur Azizah. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: NHT, STAD, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari siswa sekolah menengah masih dianggap sebagai hal yang menakutkan, membosankan, terlalu banyak menghitung, banyak rumus dan siswa merasa tidak memahami apa yang telah mereka pelajari karena hanya menerapkan rumus yang ada. Hal itu disebabkan karena siswa hanya diberi kesempatan mendengarkan penjelasan guru kemudian menerapkan rumus yang diberikan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu hal yang masih perlu diperhatikan, karena melalui model pembelajaran guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide. Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran Number Head Together dan STAD. Model pembelajaran Number Head Together dan STAD adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anggota dari setiap kelompok untuk bekerja sama. Hal tersebut akan mendorong pembelajaran aktif dan efektif sehingga hasil belajar peserta didik akan lebih baik. Dalam penelitian ini akan dilihat Selain itu juga dapat mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya dua model pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan STAD materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. 2) untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih bagus untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dengan jumlah seluruhnya yaitu 439 siswa. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas VII – H dan VII - E yang jumlah seluruhnya 73 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t-test. Data yang telah dianalisis menunjukan bahwa 1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas Number Head Together adalah 73,41. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas STAD adalah 63,06. 2) pengujian statistik dengan t-test, diperoleh t_hitung = 2,044 dan t-tabel = 1,667 dengan tarafignifikan = 0,05. Nilaiprobabilitas menunjukkan 0,045 < 0,05 dan t-hitung > t-tabel = 2,044 > 1,667 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan STAD materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143142 LUDFI NUR AZIZAH
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:17
Last Modified: 08 Aug 2023 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37854

Actions (login required)

View Item View Item