STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN MUDHARABAH UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI BMT SAHARA DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG

ASNA VIDAROTUL AMALIA, 12401193087 (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN MUDHARABAH UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI BMT SAHARA DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Strategi Pemasaran Produk Simpanan Mudharabah Untuk Meningkatkan Jumlah Anggota Di BMT Sahara Dan BMT Harapan Umat Tulungagung” yang ditulis oleh Asna Vidarotul Amalia, NIM. 12401193087, Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian dilatar belakangi oleh penerapan strategi pemasaran marketing mix melalui upaya produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) pada BMT Sahara dan BMT Harapan Umat sebagai strategi dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk simpanan mudharabah serta untuk mengetahui kendala dan solusi yang diterapkan pada BMT Sahara dan BMT Harapan Umat Tulungagung. Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran produk simpanan muḍharabah dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Sahara dan BMT Harapan Umat Tulungagung? 2) Kendala apa yang dihadapi BMT Sahara dan BMT Harapan Umat Tulungagung dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk simpanan muḍharabah dalam meningkatkan jumlah anggota? 3) Bagaimana solusi BMT Sahara dan BMT Harapan Umat Tulungagung dalam mengatasi kendala pada pelaksanaan strategi pemasaran produk simpanan muḍharabah dalam meningkatkan jumlah anggota?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan yang diambil langsung dari lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan metode triangulasi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota terhadap produk simpanan mudharabah di BMT Sahara dan BMT Harapan Umat dilakukan dengan menggunakan marketing mix 7P, yaitu: strategi produk (product), strategi harga (price),strategi promosi (promotion), strategi tempat (place), strategi orang atau SDM (people), strategi proses (process), strategi bukti fisik (physical evidence). (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah anggota produk simpanan mudharabah di BMT Sahara dan BMT Harapan Umat adalah kendala internal berupa pengambilan simpanan dan kurangnya SDM. Kendala eksternal yakni persaingan dari lembaga keuangan lain dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang produk-produk syariah. (3) Solusi yang dilakukan BMT Sahara dan BMT Harapan Umat adalah solusi internal berupa pinalti dan perekrutan karyawan kembali, solusi eksternal dengan perbanyak agensi dan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait simpanan mudharabah dan produk-produk syariah lainnya. Kata Kunci : BMT (Baitul Maal Wat Tamwil), Mudharabah, Strategi Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Mudharabah
Ekonomi > Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193087 Asna Vidarotul Amalia
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:48
Last Modified: 25 Jul 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37890

Actions (login required)

View Item View Item