PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS BERGAMBAR HURUF HIJAIYAH TERHADAP DAYA INGAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO TULUNGAGUNG

ARUM RAHMAWATI, 12206193098 (2023) PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS BERGAMBAR HURUF HIJAIYAH TERHADAP DAYA INGAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Wayang Kertas Bergambar Huruf Hijaiyah Terhadap Daya Ingat dan Kemampuan Membaca Pada Kelompok A Di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Arum Rahmawati, NIM. 12206193098, Pembimbing: Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Wayang Huruf Hijaiyah, Daya Ingat, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa pada kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung dalam mengenal huruf hijaiyah yang dilakukan di dalam kelas dengan cara konvensional yang terkesan monoton dan membosankan. Hal ini sangat mempengaruhi anak dalam mengingat maupun menghafal huruf hijaiyah dengan tepat yang sesuai dengan mahrajnya karena itu perlu dilakukan inovasi terhadap media pembelajaran sehingga muncul gagasan dari peneliti untuk meneliti media wayang kertas bergambar huruf hijaiyah terhadap daya ingat dan kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kertas bergambar huruf hijaiyah terhadap daya ingat, mengetahui pengaruh penggunaan media wayang terhadap kemampuan membaca, dan seberapa besar pengaruh media wayang kertas bergambar huruf hijaiyah terhadap daya ingat dan kemampuan membaca pada kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan design non equivalent control group design. Variable bebas pada penelitian ini adalah media wayang kertas bergambar huruf hijaiyah sedangkan variable terikatnya yaitu daya ingat dan kemampuan membaca. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua tahap, yakni uji prasyarat normalitas dan homogenitas, sedangkan analisis akhir menggunakan Uji T dan menggunakan Cohend’s dengan kriteria menggunakan effect size. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test dengan SPSS 25.0 penggunaan media wayang kertas bergambar huruf hijaiyah terhadap daya ingat siswa didapatkan nilai signifikansi 0,022<0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan media wayang terhadap daya ingat, (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test dengan SPSS 25.0 penggunaan media wayang terhadap kemampuan membaca siswa didapatkan nilai signifikansi 0,026<0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan media wayang tehadap kemampuan membaca. (3) Berdasarkan hasil uji Cohen’s dengan kriteria effect size menurut Becker pada penggunaan media wayang terhadap daya ingat sebesar 1,9 yang berarti effect size nya 79,4% masuk dalam pengaruh sangat besar, sedangkan untuk kemampuan membaca yaitu sebesar 1,8 yang berarti effect size nya 77,4% yang masuk dalam pengaruh sangat besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:27
Last Modified: 31 Jul 2023 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37912

Actions (login required)

View Item View Item