PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI SMP DIPONEGORO KANDANGAN KEDIRI

MAIMANAH MANAFIS, 12201193275 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI SMP DIPONEGORO KANDANGAN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di SMP Diponegoro Kandangan Kediri” ditulis oleh Maimanah Manafis, NIM. 12201193275, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Septinaningrum, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Peran guru Pendidikan Agama Islam SMP Diponegoro yang terdapat pada penelitian yaitu peran guru PAI sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator. Peneliti memfokuskan pada tiga peran ini dikarenakan menurut peneliti peran guru yang akan diteliti tersebut merupakan beberapa peran yang penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan adanya peran guru PAI sebagai fasilitator dalam membentuk kepribadian peserta didik, (2) mendeskripsikan adanya peran guru PAI sebagai motivator dalam membentuk kepribadian peserta didik, (3) mendeskripsikan adanya peran guru PAI sebagai evaluator dalam membentuk kepribadian peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas (perpanjangan, pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi), menggunakan referensi dari berbagai sumber, dan pembahasan dengan teman sejawat. Hasil penelitian, (1) peran guru PAI sebagai fasilitator yang dapat memberikan fasilitas yang cukup memadai bagi menunjang pembentukan kepribadian peserta didik yaitu berupa fasilitas alat ekstrakulikuler seperti alat rebana dan alat olahraga seperti bola voli, basket, dan bola tenis, (2) peran guru PAI sebagai motivator, dengan motivasi yang diberikan oleh guru PAI dapat dan memberikan feedback kepada peserta didik akan menumbuhkan semangat belajar dan membentuk kepribadian peserta didik, (3) peran guru PAI sebagai evaluator berperan dalam membentuk kepribadian peserta didik dengan memberikan evaluasi yang berupa tes lisan dan tes tulis di setiap materi sudah selesai di pelajari. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peran guru PAI di SMP Diponegoro sudah cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran dan dalam membentuk kepribadian peserta didik menggunakan ketiga peran penting tersebut. Beberapa guru juga sudah merasakan perkembangan kepribadian peserta didik di SMP Diponegoro yang mengalami perkembangan cukup pesat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193275 MAIMANAH MANAFIS
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:12
Last Modified: 28 Jul 2023 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37939

Actions (login required)

View Item View Item