NASYWA ANNISA EL SALMA, 12204193125 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nasywa Annisa El Salma, NIM. 12204193125, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa, karena model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, monoton, dan ketidaksesuaian model yang digunakan dengan penyampaian pembelajaran matematika. Sehingga, dipilih model pembelajaran LAPS Heuristik. Model pembelajaran LAPS Heuristik adalah model pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan solusi berupa pertanyaan-pertanyaan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi kemudian menarik kesimpulan dari solusi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap self confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental dengan model desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung berjumlah 309 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tes; 2) Angket; dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Terbukti dengan nilai Sig.0,000<0,05, 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap self confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Terbukti dengan nilai Sig.0,045<0,05, dan 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran LAPS Heuristik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Terbukti dengan nilai Sig.0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193125 Nasywa Annisa El Salma |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:36 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38088 |
Actions (login required)
View Item |