NI'AM NUR WAFA, 12209193112 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs NEGERI 10 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui.Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk” ini ditulis oleh NI’AM NUR WAFA’, NIM. 12209193112, Program Studi Tadris Ilmu Pendidikan Sosial (T.IPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Minat Belajar, Media Pembelajaran Media pembelajaran adalah alat bantu untuk mempermudah belajar mengajar. Dengan adanya media juga dapat menambah minat belajar siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Siswa juga lebih aktif dan tidak hanya siswa guru juga ikut serta aktif dan kreatif dalam mengajar, karena dibalik media pembelajaran yang baik dan mudah di mengerti ada guru yang aktif dan kreatif dalam membuat media pembelajaran. Perkembangan berbagai media pembelajaran ini seiring dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat. Dinamika tekonologi saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi yang dipelajari beberapa tahun yang sudah lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara sistem pembelajaran yang konvensional. Bentuk perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah menggunaka media video pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTsN 10 Nganjuk sebagai objek penelitian. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana proses penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk.?, 2) Bagaimana implikasi penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk?, 3) Bagaimana tingkat keefektifan penggunaan vidio pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 10 Nganjuk. ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait metode, pelaksanaan, dan penerapan media pembelajaran yang ada di MTsN 10 Nganjuk dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan Hasil dari penelitian ini meliputi : 1) Pemanfaatan media pembelajaran yang baik diharapkan dapat meningkatkan antusisas siswa dalam belajar. Namun, guru juga tetap harus mengingat bahwa karakteristik dan kemampuan siswa dalam belajar berbeda-beda. Maka dari itu guru harus menyiapkan media pembelajaran guna untuk menunjang pembelajaran yang dapat diterima oleh semua siswa sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa sehingga siswa tidak akan mudah merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran karena terdapat media yang dapat mengoptimalkan minat belajar siswa. 2) siswa lebih mudah memahami suatu peristiwa yang dilihatnya secara visual dan bisa menyebutkan proses apa yang terjadi didalamnya. Hal ini berbeda ketika guru menanyakan suatu pertanyaan hanya dengan cara verbal. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan media video pembelajaran akan mempermudah siswa dalam memahami suatu peristiwa-peristiwa yang mereka lihat. Penggunaan video dalam pembelajaran IPS Terpadu dinilai sangat tepat untuk digunakan. Hal ini dikarenakan materi kajian IPS Terpadu merupakan materi kajian yang mencakup kehidupan sosial setiap siswa. 3) Penggunaan media video pembelajaran efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jika dibandingkan, nilai persentase antara jawaban siswa yang menyatakan pembelajaran menggunakan video pembelajaran menarik dengan jawaban siswa yang menyatakan kurang/tidak menarik, perbedaannya sangat signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193112 Ni'am Nur Wafa' |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 03:45 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38092 |
Actions (login required)
View Item |