ANDHIKA ANANDA PUTRA, 12204193122 (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Andhika Ananda Putra, NIM. 12204193122, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Realistik, dan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan hal tersebut menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Oleh karenanya diupayakan pembelajaran yang dapat memberi peluang dan mendorong untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tersebut diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub materi Teorema Pythagoras dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dua kelas yang dipilih yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berjumlah 30 siswa dan VIII K sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan jenis uji independent sample t-test dan uji lanjut menggunakan jenis uji Cohen’s. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2.267 dan t tabel (∝=0,05) = 1.672, sehingga t_hitung>t_tabel. Maka Terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik tehadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub pokok bahasan Teorema Pythagoras. 2) Hasil dari uji lanjut diperoleh nilai Cohen’s sebesar 0.18 yang berarti bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar memiliki pengaruh yang tergolong rendah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193122 ANDHIKA ANANDA PUTRA |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38099 |
Actions (login required)
View Item |