PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR

ANDHIKA ANANDA PUTRA, 12204193122 (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Andhika Ananda Putra, NIM. 12204193122, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Realistik, dan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan hal tersebut menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Oleh karenanya diupayakan pembelajaran yang dapat memberi peluang dan mendorong untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tersebut diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub materi Teorema Pythagoras dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dua kelas yang dipilih yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berjumlah 30 siswa dan VIII K sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan jenis uji independent sample t-test dan uji lanjut menggunakan jenis uji Cohen’s. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2.267 dan t tabel (∝=0,05) = 1.672, sehingga t_hitung>t_tabel. Maka Terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik tehadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar pada sub pokok bahasan Teorema Pythagoras. 2) Hasil dari uji lanjut diperoleh nilai Cohen’s sebesar 0.18 yang berarti bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar memiliki pengaruh yang tergolong rendah

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193122 ANDHIKA ANANDA PUTRA
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38099

Actions (login required)

View Item View Item