ADHELIATRISNA AGUSTIN, 12211193018 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (535kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (342kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Materi Gelombang Mekanik Kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Adheliatrisna Agustin, NIM. 12211193018, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Penguasaan Konsep, Pemecahan Masalah, Gelombang mekanik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gondang Tulungagung dengan latar belakang siswa masih memiliki tingkat penguasaan konsep yang rendah dan pemecahan masalah siswa yang belum memuaskan untuk memecahkan masalah dalam pelajaran Fisika terutama pada bab gelombang mekanik. Dengan adanya kekurangan penguasaan konsep dan pemecahan masalah Fisika pada gelombang mekanik yang siswa miliki, membuat peneliti tergerak untuk memperdalam penelitian. Pemberian model pembelajaran discovery learning dapat berguna untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah akan lebih mudah dipahami dan dipecahkan dalam materi gelombang mekanik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep pada materi gelombang mekanik siswa kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemecahan masalah pada materi gelombang mekanik siswa kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah pada materi gelombang mekanik siswa kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas yang digunakan yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, dengan jumlah sebanyak 34 siswa. Serta XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dengan jumlah sebanyak 34 siswa. Setiap kelas yang dipilih diberikan pre-test dan post-test yang sama untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji T (independent paired t-test) dan uji Manova. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji paired simple T-test, dangan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) hasil uji paired simple T-test, dangan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemecahan masalah materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Dan (3) hasil uji paired simple T-test, dangan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemecahan masalah materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah materi gelombang mekanik kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Mahasiswa 12211193018 ADHELIATRISNA AGUSTIN |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:12 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38107 |
Actions (login required)
View Item |