ISNA QOLBIYATUL ROHMAH, 12207193100 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (714kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Isna Qolbiyatul Rohmah, NIM. 12207193100, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Guru Penelitian ini di latar belakangi oleh bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru, dimana peran kepala sekolah sebagai supervisor sangatlah penting dalam setiap lembaga pendidikan terutama dalam peningkatan kinerja guru. Banyaknya guru di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan berbagai jurusan yang berbeda pastilah banyak terjadinya masalah atau tantangan dalam pelaksanaan tugas masing-masing guru, maka dari itu diperlukannya supervisi sepala sekolah. Dengan demikian kepala sekolah diharapkan dapat membantu para guru dalam meningkatkan kinerjanya dan mengatasi masalah yang dihadapi para guru. Fakus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 BoyolanguTulungagung. (3) Bagaiamana evaluasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 BoyolanguTulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kalitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Sumber data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) perencanaan supervisi kepala sekolah di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung sudah terlaksana dengan baik. Perencanaan supervisi meliputi waktu perencanaan supervisi, waktu pelaksanaan supervisi, langkah-langkah pelaksanaan supervisi. (2) pelaksanaan supervisi kepala sekolah sendiri menggunakan teknik supervisi melalui perantara guru senior dan guru senior tersebut yang nantinya membantu kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi dan penilaian guru. (3) evaluasi supervisi kepala sekolah sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dirasa karena banyaknya guru yang merasa mengalami peningkatan kinerja walaupun terdapat hambatan dalam pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan > Guru Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 04:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 04:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38110 |
Actions (login required)
View Item |