PENGARUH IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PENGENDALIAN BUILT IN-INTERNAL CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Nganjuk )

WAHYU FIRMANSYAH, 12403193208 (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PENGENDALIAN BUILT IN-INTERNAL CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Nganjuk ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Pengendalian Built in-internal Control sebagai Variabel Moderas “ Ini ditulis oleh Wahyu Firmansyah, 12493193208. Skripsi. Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr.Lantip Susilowati, S.Pd.,M.M. Latar belakang dari penelitian ini yaitu penerapan aplikasi sistem keuangan desa ini sangat menarik untuk diteliti sebab dengan adanya perkembangan aplikasi sistem keuangan desa sangat memudahkan dalam pelaporan keuangan dan untuk menata kelola keuangan secara optimal sehingga laporan keuangan yang dibuat akan berkualitas. Selain dengan implementasi aplikasi sistem keuangan desa untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas didukung beberapa faktor yaitu kompetensi sumber daya manusia dan pengendalian built in-internal control. Maka dari itu penelitian ini untuk (1) menguji pengaruh implementasi aplikasi sistem keuangan desa terhadap kualitas laporan keuangan(2) menguji kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan(3) menguji pengaruh pengendalian built in-internal control terhadap implementasi aplikasi sistes keuangan desa dengan kualitas laporan keuangan(4) menguji pengaruh pengendalian built in-internal control terhadap komptensi sumber daya manusia dengan kualitas laporan keuangan(5) menguji pengaruh built in-internal control memoderasi terhadap kualitas laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan yaitu pemerintah desa yang ada di Kabupaten Nganjuk. Sumber data adalah primer. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose sampling, sampel penelitian ini didapat dengan rumus slovin 5% yaitu 160 desa yang ada di Kabupaten Nganjuk. Analisis data menggunakan SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) implementasi aplikasi sistem keuangan desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (2) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan(3) pengaruh implementasi aplikasi sistem keuangan desa yang dimoderasi pengendalian built in-internal control tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (4) pengaruh kompetensi sumber daya manusia yang dimoderasi pengendalian built in-internal control tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (5) pengaruh pengendalian built in-internal control tidak memoderasi secara signifkan terhadap kualitas laporan keuangan. Kata kunci : Aplikasi Sistem Keuangan Desa , Sumber Daya Manusia, Laporan Keuangan, pengendalian built in-internal control.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Dana Desa
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:52
Last Modified: 03 Aug 2023 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38111

Actions (login required)

View Item View Item