IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ NUR HASANIYYAH SUMBERSOKO TUNGLUR BADAS KEDIRI

ISMA IFFAH SAYYIDAH, 12201193118 (2023) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ NUR HASANIYYAH SUMBERSOKO TUNGLUR BADAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasaniyyah Sumbersoko Tunglur Badas Kediri” ini ditulis oleh Isma Iffah Sayyidah, NIM. 12201193118, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Implementasi, Metode Qiraati, Al-Qur’an. TPQ Nur Hasaniyyah merupakan TPQ yang berada di Kecamatan Badas dan termasuk TPQ yang menerapkan metode qiraati dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santrinya. Adapun metode qiraati itu sendiri adalah salah satu metode membaca Al-Qur’an dengan tidak mengeja dan memasukkan serta mempraktekkan bacaan tartil sebagaimana kaidah ilmu tajwid, sehingga tujuan utama dari penggunaan metode qiraati tersebut yaitu tidak menjadikan santri untuk dapat membaca Al-Qur’an secara cepat saja, melainkan lebih menjadikan santri untuk dapat membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan metode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasaniyyah Sumbersoko Tunglur Badas Kediri. (2) Mendeskripsikan pelaksanaanmetode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasaniyyah Sumbersoko Tunglur Badas Kediri. (3) Mendeskripsikan evaluasi metode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Hasaniyyah Sumbersoko Tunglur Badas Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen kuncinya dengan penggunaan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan metode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dilakukan dengan para ustadzahtadarus secara bersama-sama selama 15 menit yang bertempat di ruang tamu kepala TPQ Nur Hasaniyyah, kemudian dilanjutkan dengan Ustadzah menyiapkan peralatan yang digunakan untuk keperluan mengajar (2) Pelaksanaan metode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu mulai tingkatanpra TK, jilid 1-6, juz 27, Al-Qur’an, gharib, tajwid dan finishing. Dimana masing-masing dari tingkatan tersebut alokasi waktu pembelajarannya yaitu 60 menit, kecuali pada tingkatan finishingyaitu 90 menit. (3)Evaluasi metode qiraati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dilakukan dengan satu persatu santri menghadap kepala TPQ guna melakukan tes yang dalam hal ini bertujuan untuk melihat kualitas dari masing-masing santri dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman santri terkait materi yang sudah pernah dipelajari atau didapatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193118 ISMA IFFAH SAYYIDAH
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:40
Last Modified: 03 Aug 2023 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38127

Actions (login required)

View Item View Item