ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI SISWA MAN 2 JOMBANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI VISUAL

MUSTABSYIROTUL IJTIHADAH, 12212193118 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI SISWA MAN 2 JOMBANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI VISUAL. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Multipel Representasi Siswa MAN 2 Jombang Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbantuan Media Animasi Visual” ini ditulis oleh Mustabsyirotul Ijtihadah, NIM. 12212193118, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Multipel Representasi, Jenis Kelamin, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang materi, perubahan materi serta energi yang menyertainya. Pemahaman siswa mengenai larutan elektrolit dan non-elektrolit penting dalam kimia. Representasi makroskopis, sub-mikroskopis, dan simbolik diperlukan untuk memahami konsep ini. Namun, di MAN 2 Jombang belum ada analisis kemampuan multipel representasi siswa pada materi tersebut. Analisis tersebut diperlukan sebagai evaluasi untuk perbaikan pembelajaran ke depan. Tujuan dari penelitian ini meliputi: 1) mendeskripsikan profil kemampuan multipel representasi siswa MAN 2 Jombang pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit. 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan multipel representasi siswa laki-laki dan perempuan. 3) mengetahui adanya signifikansi pada perbedaan kemampuan multipel representasi antara siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 soal berupa pilihan ganda beralasan yang terintegrasi pada kerangka kerja Definition, Algorithmic, Conceptual (DAC). Instrumen penelitian ini sudah divalidasi oleh 2 validator dan mempunyai tingkat kevalidan sangat baik. Telah dilakukan uji coba pada instrumen yang akan digunakan dalam penelitian, dan mendapatkan bahwa butir soal valid. Tingkat reliabilitas soal berada pada kategori rendah, dan tingkat kesukaran soal berada pada tingkat sedang. Uji daya beda menunjukkan bahwa soal memiliki daya beda yang baik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) secara umum, kemampuan multipel representasi siswa 62% masih berada pada kategori cukup, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat baik. 2) Terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan pada setiap indikator. 3) hasil analisis uji T Independet didapatkan nilai sig = 0,868 > 0,05 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan multipel representasi siswa laki-laki dan perempuan. Dengan demikian, perlu adanya peningkatan kemampuan multipel representasi siswa, dan guru perlu memberikan perlakuan yang berbeda pada siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Larutan Elektrolit
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193118 Mustabsyirotul Ijtihadah
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:39
Last Modified: 03 Aug 2023 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38141

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item