ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HANIF AZHAR, 12208173037 (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Implementasi Pembelajaran Daring pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Muhammad Hanif Azhar, NIM 12208173037 di bimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd Kata kunci : Pembelajaran Daring, Zat Aditif dan Zat Adiktif. Latar belakang dari penelitian ini wawancara terhadap guru mengenai implementasi pembelajaran berbasis daring/ pembelajaran jarak jauh dan hasil observasi peneliti terhadap pembelajaran yang dilaksanakan secara daring oleh instansi MTsN 1 Tulungagung yang membuat motivasi dan hasil belajar siswa mengalami penurunan. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yang menjadikan siswa mengalami penurunan dari segi motivasi dan hasil belajar siswa, diantara faktor-faktor tersebut adalah : 1) Penyampaian guru hanya sekedar melalui media sosial berupa grup whatsApp dan tidak terjadi tatap muka, 2) Kualitas sinyal internet yang kurang baik disekitar tempat tinggal siswa, 3) Serta fasilitas penunjang pembelajaran daring (Handphone, kuota internet) yang kurang mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Implementasi perencanaan pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, 2) Untuk mengetahui Implementasi pelaksanaan pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, 3) Untuk mengetahui Implementasi evaluasi pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengambilan data berupa Lembar observasi, lembar wawancara kepada guru, angket kepada siswa, hasil belajar siswa. Lembar observasi digunakan peneliti untuk mengamati implementasi pembelajaran daring baik dari aktivitas guru saat mengajar dan siswa saat pembelajaran berlangsung, lembar wawancara digunakan untuk pengambilan data mengenai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran yang bersumber dari guru, angket digunakan untuk pengambilan data mengenai motivasi belajar siswa. Setelah peneliti melakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa : 1) Implementasi perencanaan pembelajaran daring sudah sesuai dengan idealnya sebuah perencanaan pembelajaran, yakni dengan menyeleraskan RPP yang disesuaikan dengan keadaan pembelajaran daring, bahan ajar yang variatif tidak hanya menggunakan satu pedoman, media pembelajaran yang efektif untuk penyampaian materi pembelajaran, dan model pembelajaran yang cocok, 2) implementasi pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan sudah cukup baik dan efektif, guru sudah menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan penyusunan di RPP. Namun ada beberapa kendala saat pelaksanaan pembelajaran diantaranya, guru tidak bisa mengkontrol siswa untuk hadir tepat waktu, siswa yang bergantian dengan anggota keluarganya perihal Handphone , sinyal yang sulit di daerah sekitar rumah siswa. 3) Implementasi evaluasi pembelajaran daring dilakukan guru melalui penugasan dengan memberikan soal pilihan ganda yang dibagikan melalui Platform Google Formulir ini berjalan dengan baik, namun ada beberapa kendala dalam evaluasi seperti ada siswa yang telat mengumpulkan dan guru tidak bisa mengontrol apakah siswa memberi jawaban ini berdasarkan pemahaman mereka terhadap materi atau mencari dari sumber lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S.Pd 12208173037 Muhammad Hanif Azhar
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:47
Last Modified: 08 Aug 2023 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38147

Actions (login required)

View Item View Item