SEPTIANA FATMAWATI, 12201183235 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
Abstract
Septiana Fatmawati, NIM 12201183235, 2018, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Peserta Didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata kunci : Strategi Guru, Kedisiplinan Ibadah Penulisan ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman sekarang banyak remaja yang kurang disiplin dalam melaksanakan ibadah shalat. Akan tetapi peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung sudah dibiasakan untuk melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur disekolah. Namun dalam prakteknya terdapat beberapa hambatan kedisiplinan. Untuk itu diperlukan strategi khusus dari guru pendidikan agama islam untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana solusi dari strategi guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan hambatan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan solusi dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan penelitian Kualitatif, Jenis penelitian deskriptif, Metode pengumpulan data observasi partisipan, wawancara, dokumen. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles and Hubarman berupa; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data : perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) strategi guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuhur pada peserta didik yaitu : pembiasaan, nasehat, dan uswatun hasanah/keteladanan sedangkan strategi guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha pada peserta didik yaitu : pembiasaan, nasehat, uswatun hasanah/keteladanan, dan hukuman. (2) Hambatan guru PAI meliputi kurangnya kesadaran diri, kemalasan (sifat malas) dan karakter tidak jujur masih suka berbohong. (3) Solusi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik yaitu dengan cara komunikasi intens dengan sesama guru PAI dan nonPAI, dikenakan hukuman atau sanksi yang mendidik dan dengan adanya reward atau diberi penghargaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38164 |
Actions (login required)
View Item |