Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Fenny Alviani (NIM. 2811123089) dan dibimbing oleh Hj. St Noer Farida Laila, MA.

fenny alviani, 2811123089 (2016) Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Fenny Alviani (NIM. 2811123089) dan dibimbing oleh Hj. St Noer Farida Laila, MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 baru.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 baru.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 baru.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 baru.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
bab 6.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Fenny Alviani (NIM. 2811123089) dan dibimbing oleh Hj. St Noer Farida Laila, MA. Kata-kata kunci : Strategi Guru, Mengatasi, Kenakalan Remaja Remaja saat ini sering kali memiliki jiwa yang lebih sensitif, yang pada akhirnya tidak sedikit para remaja yang terjerumus ke hal-hal bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma sosial serta norma hidup di masyarakat, oleh karena itu remaja akan cenderung mempunyai tingkah laku yang tidak wajar dalam melakukan tindakan yang tidak pantas. Di samping itu, diperlukan strategi untuk menghadapi masalah kenakalan remaja akibat perubahan zaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disatu sisi, SMPN 2 Sumbergempol mampu menciptakan peserta didik meraih prestasi yang baik dengan mengikuti olimpiade yang diselenggarakan oleh lembaga sekolah, akan tetapi juga terdapat beberapa peserta didik yang bermasalah akibat pelanggaran yang dilakukannya di sekolah yang semua itu tidak bisa lepas dari peran guru serta kepala sekolah dalam membimbingnya ke arah yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah : 1. Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol? 2. Bagaimana tindakan preventif guru dalam mengatasi kenaklan remaja di SMPN 2 Sumbergempol? 3. Bagaimana tindakan represif guru dalam mengatasi kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol? 4. Bagaimana tindakan kuratif guru dalam mengatasi kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data sesuai dengan analisis model Milles dan Huberman dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi,perpanjangan keikutsertaan, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian, 1) Bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa SMPN 2 Sumbergempol adalah a) Bentuk-bentuk kenakalan remaja yang bersifat amoral/asosial diantaranya pelanggaran yang bertentangan dengan aturan agama yaitu miras, pelanggaran yang menyalahi norma agama/sosial yaitu corat-coret di sembarangan tempat, dan pelanggaran yang melanggar tata tertib sekolah diantaranyatidak mengerjakan tugas-tugas guru yang sudah terjadwal, kurang bisa menjaga kebersihan sesuai dengan ketentuan yang ada, konflik dengan teman, membawa hp ke sekolah, merokok, merusak fasilitas sekolah, membolos.b) Bentuk-bentuk kenakalan remaja yang bersifat pelanggaran hukum yaitu mencuri. 2) Tindakan preventif guru dalam mengatasi kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol adalah a) Memberikan pendidikan mental dan pribadi melalui pengajaran agama budi pekerti etiket, b) Memberikan wejangan secara umum, c) Menyediakan sarana dan menciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar, d) Usaha memperbaiki keadaan lingkungan sekitar, keadaan sosial keluarga maupun masyarakat. 3) Tindakan represif (pencegahan) guru dalam mengatasi kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol yaitu a) Memberikan peringatan lisan, b) Memberikan punishment, c) Anak dikembalikan ke orang tua atau walinya. 4) Tindakan kuratif (penyembuhan) guru dalam mengatasi kenakalan remaja di SMPN 2 Sumbergempol yaitu a) Mengadakan kerja sama dengan orang tua wali dengan memanggil untuk datang ke sekolahb) Mengadakan kunjungan ke rumah peserta didik yang bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123089 fenny alviani
Date Deposited: 15 Sep 2016 02:09
Last Modified: 15 Sep 2016 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item