PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PADA SISWA KELAS XI DI MAN 10 JOMBANG

SITI MAFULATUL CHISBIA, 12201193094 (2023) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PADA SISWA KELAS XI DI MAN 10 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fikih Pada Siswa Kelas XI di MAN 10 Jombang” ditulis oleh Siti Mafulatul Chisbia, NIM. 12201193094. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Fikih. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru yang selama ini menggunakan metode pembelajaran yang monoton dengan sejenis yaitu pembelajaran konvensional yang membuat peserta didik bosan dan jenuh belajar. Kebosanan dan kemalasan peserta didik inilah yang akhirnya dapat membuat motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi guna menciptakan iklim pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, salah satunya adalah metode pembelajaran Problem Based Learning. Tujuannya adalah agar tercapai keberhasilan belajar dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Siswa di MAN 10 Jombang, (2) Untuk mengetahui Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Aspek Afektif pada Siswa di MAN 10 Jombang, (3) Untuk mengetahui Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Aspek Psikomotorik pada Siswa di MAN 10 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan aplikasi SPSS 24.0 For Windows. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh dengan nilai rata-rata pretes kelas eksprimen sebesar 44,25 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning sebesar 70,00. nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 43,5 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol dengan tanpa menggunakan metode Problem Based Learning sebesar 58,00. Hasil uji Hipotesis yang diperoleh t hitung sebesar 3,835 dengan t tabel sebesar 2,024. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem based learning terhadap pelajaran fikih kelas XI di MAN 10 Jombang dengan taraf signifikansi 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193094 SITI MAFULATUL CHISBIA
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:43
Last Modified: 04 Aug 2023 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38207

Actions (login required)

View Item View Item