ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII MTSN 5 BLITAR

ROUDLOTUL JANNAH, 12208193113 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII MTsN 5 Blitar” ditulis oleh Roudlotul Jannah, NIM. 12208193113, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Guru Mengelola Kelas, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa motivasi belajar siswa saat ini masih dalam kategori rendah. Motivasi sendiri merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar agar siswa tergerak melakukan usaha belajar. Guru berperan penting dalam pengelolaan kelas untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, maka dari itu guru harus terampil dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar, 2) Mendeskripsikan tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar, 3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar, 4) Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi faktor penghambat Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII MTsN Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengelola kelas. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari guru yang mengajar IPA dan juga beberapa siswa kelas VIII. Angket digunakan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar siswa. Dokumentasi menggunakan proses observasi, proses kegiatan pembelajaran dan proses wawancara yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas sudah masuk dalam kategori baik, guru telah mampu melakukan perencanaan pengelolaan kelas, pengaturan siswa, dan pengaturan kelas dengan baik. 2) Tingkat motivasi belajar siswa juga sudah masuk dalam kategori tinggi hanya terdapat beberapa siswa yang masih memiliki motivasi belajar rendah. 3) Faktor pendukung guru dalam mengelola kelas yaitu siswa, guru dan metode pembelajaran yang digunakan, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa dan sarana prasarana madrasah yang kurang maksimal. 4) Upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan lebih mengondisikan siswa di dalam kelas dan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193113 Roudlotul Jannah
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:22
Last Modified: 04 Aug 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38221

Actions (login required)

View Item View Item