PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI SISWA KELAS XI DI SMAN 2 TRENGGALEK

SISKA ADIN NAFI'AH, 12201193362 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI SISWA KELAS XI DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER UP REPO_TERBARU 002.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Bagi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Siska Adin Nafi’ah, NIM 12201193362, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Siti khoirun Nisak, S.Pd.I, M. Pd. Kata Kunci : Peran guru, PAI (Pendidikan Agama Islam), Penanaman Nilai-nilai, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa di sekolah. Pergaulan yang sangat besar pengaruhnya pada diri remaja, terutama pada perkembangan agama. Oleh karena itu maka peneliti mengaitkan dengan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Bagi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Trenggalek melalui peran guru dalam menginspirasi, peran guru dalam mendidik dan peran guru dalam memotivasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam Menginspirasi siswa kelas XI di SMAN 2 Trenggalek melalui pendidikan akhlakul karimah ? (2) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik siswa kelas XI di SMAN 2 Trenggalek melalui pendidikan akhlakul karimah? (3) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi siswa kelas XI di SMAN 2 Trenggalek melalui pendidikan akhlakul karimah ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum, dan peserta didik. Pengumpulan data dari penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan peneliti yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketentuan dan ketetapan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam menginspirasi guru pendidikan agama Islam memposisikan dirinya sebagai round model, brand ambassador atau contoh bagi peserta didiknya. (2) Cara mendidik atau penyampaian materi yang diberikan guru pendidikan agama Islam mendidik bukan hanya teksbook atau tekstual namun, juga dapat mengkontekskan dengan yang ada hari ini. (3) Dalam memberikan motivasi guru pendidikan agama Islam diharap mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai kehidupan mereka setelah keluar dari sekolah menengah atas. Motivasi yang diberikan oleh guru pendidikan agama Islam juga diharapkan mampu menjadi sebuah pegangan di kemudian hari bagi peserta didiknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193362 SISKA ADIN NAFI'AH
Date Deposited: 21 Aug 2023 11:04
Last Modified: 21 Aug 2023 11:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38227

Actions (login required)

View Item View Item