PITA FITRIANA, 12201193337 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (432kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan Pada Peserta Didik di SMKN 1 Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Pita Fitriana, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. NIM. 12201193337 dibimbing oleh Bapak Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Nilai-nilai Keislaman, Metode Pembiasaan, Praktik Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi tentang fenomena menurunnya setiap akhlak pada seseorang. Sekolah sangat berperan penting dalam menumbuhkan karakter yang baik kepada peserta didiknya. Merosotnya akan kesadaran para peserta didik seharusnya dapat diatasi dengan menanamkan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan yang rutin dilaksanakan di sekolah. Maka dengan adanya pembiasaan kegiatan keagamaan diharapkan sanggup meningkatkan nilai-nilai keislaman sehingga peserta didik mampu mengaplikasikannya setiap hari. Pembiasaan menjadi metode pembelajaran sebagai cara yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan tadarus Al-Qur’an pada peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan sholat dhuhur berjama’ah pada peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan pada kegiatan pondok romadhon pada peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? Penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan yang ada di sekolah. Adapun sumber datanya adalah pendidik (waka kesiswaan, guru pendidikan agama islam) dan peserta didik. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk menunjang dari hasil wawancara yang sudah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan pada peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar terwujud dalam beberapa aspek sebagai berikut: 1) melalui pembiasaan tadarus Al-Qur’an setiap pagi pada saat bel jam pertama sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, 2) melalui pembiasaan sholat dhuhur berjama’ah yang rutin dilaksanakan setiap hari dan dilaksanakan dalam beberapa gelombang jama’ah, 3) melalui pembiasaan pada kegiatan pondok romadhon dengan menghadirkan pemateri langsung dari pondok pesantren untuk menyampaikan materi-materi agama lebih mendalam. Pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan di sekolah sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai keislaman pada diri peserta didik serta agar menjadi motivasi dalam diri dan juga bisa menjadi tameng agar perilaku buruk tidak mempengaruhi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193337 Pita Fitriana |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38250 |
Actions (login required)
View Item |