STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

HECA RACHMA MEULIDYA, 12205193141 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Heca Rachma Meulidya, NIM 12205193141, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh : Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai Moral, Kegiatan Keagamaan Ditengah era globalisasi semakin banyak ditemukan problem moral, karena itu meningkatkan nilai-nilai moral membutuhkan ketelatenan dan usaha yang maksimal. Maka dari itu sangat penting guru mempersiapkan strategi yang tepat dalam meningkatkan nilai-nilai moral melalui kegiatan keagamaan di sekolah. Metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode pelajaran atau nasehat. Salah satu bentuk meningkatkan nilai-nilai moral yang dilakukan di sekolah adalah dengan melaksanakan pembiasaan budaya religius dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus pembahasan adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan nilai-nilai moral siswa melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al- Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan nilai-nilai moral siswa melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al- Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan nilai-nilai moral siswa melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al- Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik penngumpulan data melalui wawancara terstuktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Terakhir pada pengecekan keabsahan data meliputi credibility, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan nilai-nilai moral siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung yaitu a) mengadakan rapat seluruh guru dan staf membahas program sekolah dan menyusun rancangan kegiatan keagamaan, b) mempersiapkan fasilitas sarana prasarana yang menunjang kegiatan keagamaan.(c) mengadakan sosialisasi dengan wali murid mengenai program sekolah. (2) Sedangkan pelaksanaannya ialah dengan melakukan pendampingan kegiatan keagamaan baik ekstrakulikuler maupun pembiasaan seperti tahfidz, madin, sholat dhuha, sholat berjamaah, sholawat dilaksanakan secara sistematis sesuai rancangan. (3) Untuk evaluasi strategi guru dalam meningkatkan nilai-nilai moral : a) dengan mencari faktor penghambat meningkatkan nilai moral agar dapat menemukan solusi yang tepat. b) faktor penghambat kurangnya kesadaran peserta didik, lingkungan yang kurang baik, sulitnya mengkondisikan murid, c) solusi yang digunakan adalah melakukan pengecekan buku penghubung, melakukan koordinasi dengan wali murid, dan mengontrol peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193141 HECA RACHMA MEULIDYA
Date Deposited: 05 Aug 2023 09:21
Last Modified: 05 Aug 2023 09:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38264

Actions (login required)

View Item View Item