STRATEGI GURU DALAM MENYIKAPI KEJENUHAN BELAJAR IPS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

WANDA SYAFA’AH, 12209193001 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENYIKAPI KEJENUHAN BELAJAR IPS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi. “Strategi Guru Dalam Menyikapi Kejenuhan Belajar IPS Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh WANDA SYAFA’AH, NIM. 12209193001, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru, kejenuhan belajar, meningkatkan hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial Terkait dengan masalah pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yakni luasnya materi yang dipelajari sehingga siswa menganggap belajar ilmu pengetahuan sosial membutuhkan banyak menghafal. Dan metode yang digunakan guru saat menjelaskan materi terlihat monoton. Sehingga membuat siswa mengantuk dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran. Keadaan ini membuat siswa jenuh pada suasana pembelajaran untuk menyikapi masalah tersebut, pendidik perlu melakukan strategi pembelajaran yang membuat siswa semangat belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar IPS guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana hasil strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar IPS guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar ilmu pengetahuan sosial guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini termasuk kualitatif studi kasus menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu: (a) kepala sekolah, (b) wakil kepala sekolah bidang kurikulum, (c) guru, dan (d) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumentasi foto kegiatan pembelajaran. 3) place (tempat) yaitu, di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini melakukan pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) bentuk strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar IPS yaitu guru memberikan ice breaking kepada siswa, pembelajaran dilakukan dengan membentuk kelompok kecil di kelas, dan guru mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. 2) hasil strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar IPS guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung yaitu setelah melakukan evaluasi pembelajaran maka guru melihat siswa dengan hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan maksimal atau belum mencapai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:57
Last Modified: 07 Aug 2023 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38271

Actions (login required)

View Item View Item