STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Kasus di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek)

NUR AINI NINDASARI, 12205193034 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Kasus di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsiُ iniُ berjudulُ “Strategiُ Guruُ Akidahُ Akhlakُ dalamُ Membentukُ Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek)”.ُ Skripsiُ iniُ diُ tulisُ olehُ Nurُ Ainiُ Nindasari,ُ NIMُ 12205193034,ُ Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Siswa Penelitian ini membahas tentang strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek. Skripsi ini dilatar belakangi oleh fakta pada kehidupan sehari-hari, seperti beberapa kasus yang telah terjadi dikalangan para pelajar yaitu dari pengaruh bermain HP yang dimana anak cenderung peniru ulung sehingga dapat mengakibatkan kurangnya siswa dalam sopan santun terhadap guru, dan juga orang tua. Dengan akhlak yang baik maka seseorang tidak akan terpengaruh dalam hal-hal yang negatif. Akhlak merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berperilaku. Penerapan dalam membentuk akhlakul karimah siswa ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang. Oleh karena itu untuk membentuk akhlakul karimah siswa, maka dibutuhkan strategi yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek. Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Menganalisis perencanaan strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek, (2) Menganalisis pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek, (3) Menganalisis evalausi strategi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dimana pada penyajian datanya dilakukan dengan cara mendeskripsikan data dalam bentuk kata- kata dan bahasa yang berkaitan dengan pembentukan akhlakul karimah siswa di MI Nuruzh Zholam Gandusari Trenggalek. Data didapat dari narasumber yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru akidah akhlak kelas 4, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193034 NUR AINI NINDASARI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:25
Last Modified: 07 Aug 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38292

Actions (login required)

View Item View Item