STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KARIM GONDANG NGANJUK

ANISA DUWI KHOIRUNNISWATIN, 12201193308 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KARIM GONDANG NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Karim Gondang Nganjuk” ini ditulis oleh Anisa Duwi Khoirunniswatin, NIM. 12201193308, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, yang dibimbing oleh Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya karakter bangsa dan perkembangan zaman yang memiliki dampak buruk terhadap karakter generasi muda. Perkembangan zaman yang semakin canggih tidak dibarengi dengan kemajuan kemampuan pembentukan karakter religius, sehingga sering terjadi kerusakan pada moral manusia dalam kehidupan sehari-sehari seperti, ketidak jujuran, kurang sopan santun, kurang disiplin, hilangnya rasa tanggung jawab, serta banyaknya peserta didik pada usia dini sudah melakukan tindak kriminal dan lain-lain. Perlu sekiranya untuk membentengi diri dengan memperbaiki karakter religius peserta didik sejak dini. Maka, dari itu diperlukan strategi yang dapat digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik dengan baik. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius melalui Islamic Behavior pada Peserta Didik di Al-Karim Gondang Nganjuk ? (2) Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius melalui Ethics pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Karim Gondang Nganjuk ? (3) Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius melalui Disposition pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Karim Gondang Nganjuk ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi (triangulasi tektik, sumber, waktu), mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Sedangkan untuk subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Membiasakan penanaman karakter religius sesuai dengan kelas masing-masing siswa yaitu tahfidz Al-Qur‟an, hafalan kitab, tadarus Al-Qur‟an, tartil Al-Quran, shalat Dhuha dan shalat Dhuhur berjamaah menggunakan metode ceramah dan metode uswatun khasanah tujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelaksanaan shalat Dhuhur berjamaah, serta memberi teguran dan hukuman apabila siswa kurang disiplin. (2) Membiasakan menanamkan karakter menggunakan metode kelompok dan tanya jawab dalam pengelolaan kelas, dengan tujuan mengkondisikan siswa agar tidak membuat gaduh dalam kelas, menanamkan kebiasaan 3S (salam, senyum, sapa) untuk menghormati dan menghargai antar sesama, lebih sopan terhadap orang yang lebih tua, bekerja sama dengan Kepala Madrsah dalam mengatasi masalah siswa. (3) Membiasakan menanamkan karakter religius dengan mengadakan infaq, Qotmil Al-Quran, MTQ dan latihan hadrah, kegiatan keagamaan tahunan, misalnya pondok Ramadhan, hari santri, Isra‟ Mi‟raj, dan maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk melatih dan membimbing siswa dalam kegiatan keagamaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193308 ANISA DUWI KHOIRUNNISWATIN
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:32
Last Modified: 07 Aug 2023 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38300

Actions (login required)

View Item View Item