EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAS AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

NUR EYNES RISMAWATI, 12201193208 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAS AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Nur Eynes Rismawati, NIM 12201193208, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci : Efektivitas, media audio visual, dan kualitas pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi munculnya kebosanan dan kejenuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah guru hanya monoton dalam menggunakan media LKS. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media audio visual (LCD dan speaker aktif). Dalam proses pembelajaran, penggunaan media audio visual akan terlihat lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Hal ini menunjukkan pentingnya peranan media sebagai sarana untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media audio visual pada pembelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? 2) Bagaimana antusiasme peserta didik dalampenggunaan media audio visual pada proses pembelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung ?3) Bagaimana efektivitas penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual pada pembelajaran AlQur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan antusias peserta didik dalam penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan pembelajaran dengan media audio visual LCD proyektor dan speaker aktif sangat memudahkan guru dalam penyampaian materi pelajaran yang disajikan dalam bentuk power point dan video. 2) antusias peserta didik dalam penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran sangat bagus karena peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran al-Qur’an hadis. 3) dengan penggunaan media audio visual, kualitas pembelajaran al-Qur’an hadis meningkat, hal ini dapat dibuktikan dengan pemahaman peserta didik, antusias mengikuti pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang kian hari semakin meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193208 Nur Eynes Rismawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:20
Last Modified: 07 Aug 2023 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38322

Actions (login required)

View Item View Item