PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS)PESERTA DIDIK DI SDNBAGO 1 TULUNGANGUNG

KURNIAWAN DWI JATMIKO, 17205163286 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS)PESERTA DIDIK DI SDNBAGO 1 TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik di SDN 1 Bago Tulungagung” ini ditulis oleh Kurniawan Dwi Jatmiko, NIM 17205163286, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’I,M.Ag Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, merasa cepat bosan, cenderung menerima pelajaran daripada menemukan sendiri, dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran, sehingga pencapaian hasil belajar kurang maksimal. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana pembelajaran ini melibatkan seluruh aktivitas peserta didik dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik di SDN 1 Bago Tulungagung, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik di SDN 1 Bago Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya pre-eksperimental design. Menggunakan teknik sampling propability sampling dengan jenis teknik random sampling. Populasinya merupakan peserta didik kelas IV di SDN 1 Bago dengan jumlah 40 peserta didik yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B SDN 1 Bago. Sampel yang digunakan adalah kelas IV-B SDN 1 Bago sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas IV-A SDN 1 Bago sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan uji t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS menggunakan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS peserta didik di SDN 1 Bago Tulungagung. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya pengaruh penerapan model Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS peserta didik di SDN 1 Bago Tulungagung dilihat dari perhitungan effect size menunjukkan nilai d = 1,502831. Menurut tabel interpretasi nilai d atau nilai Cohen’s d 93,3% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163286 KURNIAWAN DWI JATMIKO
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:33
Last Modified: 07 Aug 2023 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38334

Actions (login required)

View Item View Item