LULUK QURRIYAH, 12204193160 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL KELAS VIII MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan, Tulungagung” ini ditulis oleh Luluk Qurriyah, NIM. 12204193160, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Intrapersonal, SPLDV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam mengekspresikan ide matematikanya sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah matematika yang diberikan. Tinggi atau rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perbedaan kecerdasan intrapersonal yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Melalui kecerdasan intrapersonal siswa akan dapat memahami dirinya dan mampu mengukur seberapa jauh kemampuannya, termasuk kemampuan komunikasi matematisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kecerdasan intrapersonal sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kecerdasan intrapersonal rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs PSM Tanen Rejotangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes, dan wawancara. Angket yang diberikan yaitu angket kecerdasan intrapersonal untuk mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal masing-masing siswa. Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis materi SPLDV yang terdiri dari 2 soal. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai kemampuan komunikasi matematis dari 6 subjek yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, (2) Siswa dengan kecerdasan intrapersonal sedang mampu memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis, (3) Siswa dengan kecerdasan intrapersonal rendah mampu memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Matematika > Linear Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38341 |
Actions (login required)
View Item |