INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

MOHAMAD NOR KHAKHIM, 12201193353 (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Mohamad Nor Khakhim, NIM 12201193353, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Internalisasi, Toleransi, Akidah Akhlak, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perbuatan intolerani yang bisa menimbulkan dampak negatif dan berakibat pada aksi terorisme. Berangkat dari persoalan tersebut perlu adanya penanaman nilai toleransi sejak dini pada diri seseorang melalui dunia pendidikan. Pembentukan sikap toleransi pada peserta didik diawali dengan penghayatan nilai-nilai toleransi di sekolah melalui proses pembelajaran akidah akhlak dan interaksi sosial. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1)Bagaimana peserta didik merespon nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran akidah akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 2)Bagaimana peserta didik menyeleksi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran akidah akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? (3)Bagaimana peserta didik menerapkan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran akidah akhlak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Dalam merespon nilai toleransi melalui pembelajaran akidah akhlak peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar dipahamkan mengenai nilai-nilai toleransi dalam Islam dan dilatih untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 2)Proses seleksi nilai toleransi melalui pembelajaran akidah akhlak, pendidik memberikan pemahaman tentang nilai toleransi dalam Islam. Hal ini dilakukan melalui penyampaian materi tentang hadis-hadis Nabi Muhammad saw. yang mengajarkan pentingnya toleransi dan saling menghormati antar sesama manusia. 3)Penerapan nilai toleransi peserta didik dilakukan melalui program penguatan spiritualitas keagamaan. Melalui program tersebut peserta didik diajarkan untuk lebih memperkuat spiritualitas dan juga pemahaman tentang agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 12201193353 MOHAMAD NOR KHAKHIM
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 07 Aug 2023 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38351

Actions (login required)

View Item View Item