PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA DI MAN 3 TULUNGAGUNG

HANI NUR AISYAH, 12211193031 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Hani Nur Aisyah, NIM 12211193031, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan karena di sekolah yang digunakan peneliti dalam penelitian ini siswa lebih banyak diberikan penjelasan saja, kurang adanya suatu inovasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif para siswa, sehingga para siswa mudah jenuh dan jarang bisa konsentrasi terhadap materi yang disampaikan. Dengan begitu hasil belajar yang diperoleh siswa juga cenderung kurang memuaskan. Model pembelajaran learning cycle 7E dapat menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, konstruktif, dan menyenangkan bagi siswa agar siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran learning cycle 7E juga memiliki tahap-tahap pembelajarannya dapat melatih kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut juga akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung, 2) untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Tulungagung kelas XI MIA dengan populasi 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol) sebanyak 15 siswa dan XI MIA 3 (kelas eksperimen) sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung yang dinyatakan dengan uji independent sample t-test, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.014 < 0.05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung yang dinyatakan dengan uji independent sample t-test tersebut, didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.012 < 0.05; 3) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya kelas XI di MAN 3 Tulungagung yang dinyatakan dengan dinyatakan dengan nilai sig. untuk Wilks' Lambda pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193031 hani nur aisyah
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:18
Last Modified: 07 Aug 2023 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38370

Actions (login required)

View Item View Item