SALSABILA FITROTI NUZULA, 12209193106 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBSITE LIVEWORKSHEET TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul: “Pengaruh Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Website Liveworksheet Terhadap Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2022/2023” yang ditulis oleh Salsabila Fitroti Nuzula, NIM.12209193106, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Bapak Anggoro Putranto, S.Pd.M.Sc. Selaku Dosen Pembimbing Skripsi. Kata kunci: Bahan Ajar LKPD liveworksheet, Respon Belajar dan Hasil Belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2022/2023, yang masih belum memperhatikan penggunaan bahan ajar layaknya LKPD dan hanya memanfaatkan buku paket. Sehingga siswa kurang responsif Terhadap pembelajaran,hal ini berdampak pada respon dan hasil belajar siswa IPS mengalami penurunan. Mengingat hal tersebut perlu adanya kesadaran guru terkait perhatiannya menggunakan variasi bahan ajar LKPD yang dapat menarik siswa dalam pembelajaran sehingga respon belajar dan hasil belajar siswa IPS meningkat. Perlu adanya variasi penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu dengan menerapkan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbantuan liveworksheet berupa latihan soal-soal interaktif yang dikemas secara menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengertahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta didik berbantuan website liveworkhseet pada materi kehidupan manusia zaman praaksara Terhadap respon belajar siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2022/2023 (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan website liveworksheet pada materi kehidupan manusia zaman praaksara Terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan desain posstest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Sampel penelitian kelas VII-D dan Kelas VII-A yang dipilih dengan teknik simple random sampling dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui 1)Tes 2)Angket 3)Observasi dan 4)Dokumentasi dan analisis data menggunakan Uji-t-Test. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur respon dan hasil berupa posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menujukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan LKPD berbantuan liveworksheet Terhadap respon belajar . Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik sebesar Sig. 0,001 < 0,05 Terhadap respon belajar. (2). ada pengaruh signifikan penerapan LKPD berbantuan liveworksheet Terhadap hasil belajar . Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik Sig. 0,000 < 0,05 Terhadap hasil belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 08:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 08:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38387 |
Actions (login required)
View Item |